Surah Al-Nasr dan Maksud dari pertolongan Allah




Surah ini menjadi gambaran berkaitan pertolongan kepada nabi dan Umat Islam pada waktu itu tentang kemenangan yang akan diperoleh. Tentu ini merupakan janji Allah yang pasti ditepati. Ini terbukti dengan kejayaan Islam pada masa Nabi dan setelahnya.

Nama al-Nasr diambil dari pada ayat pertama yakni “ Idza Jaa al-Nasrullahi walfath”. Kata nasrun menunjukkan makna Pertolongan.Apabila melihat pada teks ayat pertolongan ini ditujukkan kemenangan Islam terhadap musuh-musuhya dan menyebarnya Islam sebagai agama. Sebagaimana Firman Allah Swt :

 إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ (1) وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا (2) فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا (3)

"Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah. bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Penerima tobat."

Sebab turunnya ayat ini ialah ketika hendak melakukan pembebasan kota Mekkah atau yang disebut dengan fathu Mekkah. Berkaitan dengan turunnya surah ini, para ulama berbeda pendapat apakah masuk Makiyyah ataupun Madaniyyah. Namun, mayoritas Ulama menyepakati sebagai surah Madaniyyah. Hal ini tidak lepas dari pembebasan kota Mekkah, yang mana Rasulullah Saw menugaskan Khalid bin Walid untuk menggempur termpat tersebut dengan jalan tanpa pertumpahan darah.  

Makna Al nasr sendiri berarti pertolongan, sehingga nama surah ini berkaitan dengan topik  janji bahwa pertolongan allah akan datang dan islam akan memperoleh kemenangan. Sebab itu semua  faktor keberhasilan yang dilakukan oleh orang-orang beriman tidak lepas dari pertolongan Allah Swt.

Posting Komentar

0 Komentar