Peranan Perempuan




   


    Diskursus tafsir hari ini, bermunculan gagasan-gagasan femenis. Istilah feminis ialah pandangan bahwa antara laki-laki dan perempuan sederajat (egaliter), Adanya gerakan feminis merupakan penolakan terhadap deskriminasi perempuan sebagai objek, tidak sebagai subjek. Perlu dibedakan ketika memandang perempuan sebagai objek berarti perempuan menjadi korban terhadap segala sesuatu, berbeda halnya apabila perempuan menjadi subjek tentu akan menjadi patner dalam berbagai hal. Inilah gagasan umum dari aktivis perempuan.
 Dalam Islam aktivis perempuan tidak hanya hari ini saja tetapi pada masa nabi pun telah bermunculan aktivis perempuan, seperti dikisahkan Ummu Imarah al-Anshariyah yang mendatangi Rasulullah untuk menanyakan peranan perempuan dalam al-Qur’an, karena ayat-ayat al-Qur’an ditujukan hanya untuk laki-laki. Maka turunlah  surat al-Ahzab[33]:35 :

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا (35)

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”
   Sejarah telah mencatat bahwa perempuan mempunyai peranan penting dalam peradaban manusia, tidak hanya identik sebagai korban terhadap situasi dan keadaan, yang membuatnya tidak bisa bergerak secara leluasa. Mereka mampu bergerak di berbagai bidang seperti aktivis politik, sosial, ekonomi dan keagamaan.
  Di indonesia sendiri terdapat banyak tokoh-tokoh perempuan yang merubah citra peradaban manusia yang dikumpulkan dalam simbol RA.Kartina , perempuan menak Jawa yang memberikan citra bahwa perempuan mempunyai peranan penting dalam kemajun peradaban, dengan karya monumental‘ Habis  gelap terbitlah terang”
  Hari ini  tanggal 21 April tahun 2020, diperingati sebagai hari kartini yang merupkan simbol terhadap kesetaraan dan perjuangan perempuan dalam peradaban di Indonesia. Alam pikiran Ra.Kartini mewakili perempuan-perempuan yang ada di Indonesia bahwa perempuan Indonesia mempunyai peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa, dan lingkup terkecil adalah keluarga. Hari ini  peranan perempuan Indonesia ditunjukan dengan berbagai peranan, dalam kehidupan yang menunjukkan ketangguhan.



Posting Komentar

0 Komentar